Posted on

Memperbaiki File HTACCESS Yang Korup (Corrupt)

wpJakarta – Memperbaiki File HTACCESS Yang Korup (Corrupt). File .htaccess adalah file konfigurasi yang digunakan pada server website apache. File .htaccess dapat ditempatkan di sebuah direktori yang jika direktori tersebut di load melalui server website, maka file .htaccess yang terdeteksi akan dieksekusi oleh server tersebut. Jadi dalam sebuah konfigurasi komplit website bisa terdapat lebih dari satu file .htaccess.

wp jakarta tips-trik wordpresswp jakarta tips-trik wordpress

Fungsi dan kegunaan file .htaccess

File .htaccess biasanya berisi baris-baris perintah yang dapat mengaktifkan atau menon-aktifkan perlindungan password pada direktori, isi konten, mencegah akses terhadap file editor, melakukan redirect dan lainnya. Bahkan plugin performance juga biasanya menulis baris kode atau perintah ke dalam file .htaccess yang berfungsi untuk meningkatkan performa website seperti minify dan kombine skrip, kontrol cache dan lainnya.

File .htaccess yang korup (corrupt)

Baca Juga :

File .htaccess bisa saja korup (corrupt), biasanya saat file .htaccess korup beberapa aktifitas website berjalan “agak aneh”. Dan keanehan-keanehan tersebut sudah pasti bisa anda rasakan secara visual, misalnya :

  • Error server status 500.
  • Error status 403 atau biasa disebut forbiden error.
  • Tidak bisa mengakses website atau halaman tertentu saja.
  • Redirect yang tidak bekerja.
  • Slow loading
  • Meta tag yang seolah-olah noindex hingga tidak dapat di index.
  • dan tanda-tanda lainnya.

Periksa dulu sumber masalah sebelum menyimpulkan masalah pada file .htaccess

Jika mengalami hal-hal seperti diatas pastikan dulu untuk memeriksa sumbernya sebelum melihat langsung ke file htaccess tersebut. Jika misalnya tag meta robot yang seolah-olah noindex hingga google search console tidak bisa mengindex, coba dulu untuk melihat meta tag halaman tersebut.

Anda juga mungkin perlu memeriksa setting >> reading atau pengaturan >> membaca di dashboard admin dan memeriksa juga setting plugin yang terintall. Atau memeriksa sumber-sumber masalah yang terjadi seperti setting permalink, setting redirection jika terdapat instalasi plugin redirect, file robot.txt atau sumber lainnya.

Bagaimana mengatasi atau memperbaiki file HTACCESS yang korup (Corrupt)

Jika semua setting sudah dirasakan berjalan sebagaimana mestinya, barulah anda menyimpulkan bahwa mungkin file .htacess anda memang bermasalah. Untuk memperbaiki file HTACCESS yang korup atau corrupt sangatlah mudah. Anda bisa mendelete atau rename file .htaccess yang lama :

  • .htaccess >> rename menjadi .htaccessOFF atau
  • .htaccess >> rename menjadi OFF.htaccess.
  • atau berikan prefix atau suffix apapun yang mengganti nama utama .htaccess.

Lalu berikutnya dari dashboard admin WordPress arahkan pada setting permalink, dan tanpa melakukan perubahan apapun langsung klik “simpan perubahan” atau “save changes”. Seketika pada folder direktori root akan terbentuk file .htaccess yang baru.

File .htaccess yang baru hanya akan berisi kode diantara #BEGIN wordpress dan #END WordPress. Untuk menambahkan perintah seperti yang sebelumnya sudah ada, anda bisa menuliskan ulang. Atau untuk perintah-perintah dari plugin yang juga menulis kode pada file .htaccess anda dapat melakukan setting ulang dan melakukan save seperti setting sebelumnya.