Posted on

Jangan Gunakan Username & Password Lemah Pada Website WordPress

wpJakarta – Jangan Gunakan Username & Password Lemah Pada Website WordPress. Informasi yang pertama kali di dapatkan setelah menginstall website WordPress atau website jenis apapun tentu adalah informasi username dan password. Karena dua kredensial tersebut yang pasti dibutuhkan dan digunakan saat akan mengakses dashboard admin.

wp jakarta tips-trik wordpresswp jakarta tips-trik wordpress

Jika menginstall wordpress dengan metode “one click” secara default username adalah “admin”. Kami sangat menyarankan segera ubah pilihan username default tersebut. Atau anda bisa menyelesaikan dulu instalasi dengan memilih username admin tapi nantinya pastikan anda merubahnya.

Baca Juga :

Username yang seharusnya jangan digunakan

Karena username anda memiliki hak akses sebagai administrator. Artinya memiliki hak penuh untuk melakukan apapun pada website. Maka sebaiknya jangan gunakan nama-nama atau username yang umum dan mudah ditebak. Sekali username dan password bisa ditebak, maka website anda sudah pasti dapat “diambil alih”.

Sama juga seperti password, maka username seharusnya juga anda rahasiakan. Berikut contoh username yang seharusnya tidak anda gunakan : “Admin”, “admin”, “Administrator”, “administrator”, “root”, “Root”, “guest”, “Guest” dan nama-nama lain yang “sangat umum” lainnya.

Jangan juga memberikan nama anda sebagai username apalagi hanya satu kata atau single karakter, misalnya “Andi, Doni, Yanti dan lain-lainnya. Lebih baik untuk menggunakan nama “poyokan” jika anda memilkinya, misalnya “Si D0eL” , “Ud1n B@G0L” , “Mat gaVer” dan lain-lain karena itu jelas lebih aman.

Jangan gunakan nama domain anda atau nama public display

Juga jangan gunakan nama domain anda sebagai username. Misalnya jika nama domain kami adalah wpjakarta.com maka kami tidak akan menjadikan “wpjakarta” atau “Wpjakarta” sebagai username. Karena nama tersebut sudah pasti ada dalam daftar paling atas tebakan para pelaku brute force attack.

Selain itu juga jangan gunakan username sama dengan nama public display. Nama public display adalah nama yang akan ditampilkan oleh wordpress atau tema website anda sebagai data entry meta. Misalnya ketika anda menerbitkan sebuah artikel post. Beberapa entry meta akan ditampilkan secara publik. biasanya terdapat di bagian dibawah featured image atau judul post, seperti : nama, tanggal publikasi, kategori artikel tersebut dan berapa kali view.

Di WordPress yaitu pada bagian setting pengguna, memungkinkan anda untuk membedakan antara username dan nama public display.

Bagaimana dengan username dan password member website ?

Hal tersebut juga bisa menjadi celah, dan yang dapat anda lakukan adalah memaksa mereka untuk membuat password yang kuat. Pastikan juga setting peran atau role pengguna baru adalah “subscriber” atau pelanggan. Sebaliknya jika website atau blog anda sama sekali tidak menerima registrasi member sebaiknya setting keanggotaan atau membership disetting saja menjadi “OFF”.

Sama seperti kesehatan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati

Selain Username yang rahasia pastikan juga untuk menggunakan Password level “strong”. Jika terdapat pilihan untuk melakukan 2FA maka hal tersebut akan menambah dan membantu anda melakukan pencegahan-pencegahan terhadap praktik-praktik hacking.

Selain artikel kami “jangan gunakan username dan password lemah diwebsite wordpress, pada beberapa artikel kami berikut mungkin bisa membantu untuk sedikit menambahkan keamanan pada website wordpress anda : Hansit – Pertahanan Website.


100% website WordPress transparan dan “ecofriendly”, tidak ada data pengunjung yang kami kumpulkan dan tidak ada tracking data apapun terhadap data-data pengunjung”.​ Selengkapnya kunjungi halaman tentang kami.

wpJakarta

Blog “native” yang fokus pada usaha online berbasis WordPress & WooCommerce. Lihat penawaran terbaik untuk merchandise WordPress (Kaos, Hoodie, Topi, Tas dll).

Selengkapnya, klik : https://wpjakarta.com/shop/

Fresh (+62)

e-Commerce produk fresh online. Order secara online sayur, daging, buah dan bumbu rempah atau kirim list pesanan untuk pemenuhan usaha makanan dan restoran.

Selengkapnya, klik : https://freshplus62.com/about/