Posted on Leave a comment

Insight dan Data Industri Laundry di Indonesia (pengalaman selama 10 tahun QnC Laundry)

Waralaba Usaha QnC Laundry

Profil Perusahaan QnC Laundry

QnC Laundry adalah sebuah perusahaan di bidang industri laundry yang berdiri pada tahun 2010 di Makassar berfokus kepada layanan laundry kiloan & satuan dengan harga dan layanan premium. QnC Laundry sampai saat ini sudah memenangkan berbagai penghargaan nasional maupun internasional seperti Indonesia Best Practice Laundry Award 2018, Master Brand Award 2016 & 2017 serta penghargaan internasional dari CINET (komite internasional tekstil) menempatkannya sebagai salah satu perusahaan laundry terbaik di Indonesia dan memiliki chain laundry terluas di Makassar dan memiliki outlet di Jakarta serta BSD.

Data Makro Industri Laundry

Dengan metode market sizing dari jumlah populasi Indonesia dan dipersempit melalui faktor (1) tinggal di daerah urban, (2) tingkat penetrasi internet, (3) berada dalam usia produktif, (4) menggunakan jasa laundry. Dengan metode dan faktor tersebut, kami mendapati bahwa ada sekitar 25 juta potensial pelanggan di Indonesia dengan potensi pasar harian sebesar 4,5 juta transaksi dan tahunan sebesar 1,65 miliar transaksi.

Dengan metode yang sama, kami menggunakan data dari komunitas Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI) dan mendapatkan bahwa ada sekitar 132 ribu penyedia layanan laundry dan angka ini terus bertumbuh dengan potensi pasar setiap tahunnya sekitar Rp 33 triliun rupiah.

Isu Umum dalam Industri Laundry

Kalau dari pengalaman kami, ada beberapa isu umum yang kemungkinan besar akan dihadapi oleh pengusaha laundry. Beberapa isu ini memang pada dasarnya tidak dapat dihindari karena melekat dengan sifat usahanya tapi bukan berarti tidak bisa ditanggulangi dan beberapa bisa dihindari dengan relatif mudah. Beberapa isu yang menurut kami umum adalah sebagai berikut:

  • Franchisor hanya jualan mesin

Kebanyakan franchisor di industri laundry hanya menjual mesin dengan tambahan mungkin diberi pelatihan. Untuk pengusaha laundry yang berpengalaman ini tidak bermasalah, tapi untuk pemula, tanpa bimbingan maka kemungkinan usaha-nya gagal pasti meningkat.

  • Salah beli mesin & peralatan

Kami sering mendengar pemula usaha laundry salah membeli mesin, biasanya karena tidak mencari opini kedua. Ada pengusaha yang sudah terlanjur membeli mesin koin yang lebih mahal dibandingkan mesin kiloan tapi ternyata eksekusinya seperti laundry kiloan pada umumnya bukan self-service sehingga modal yang dikeluarkan lebih besar dari yang dibutuhkan.

  • Eksekusi serba konvensional

Kebanyakan pengusaha laundry masih melaksanakan dan merencanakan usahanya serba konvensional. Akibatnya adalah usaha dan waktu yang dibutuhkan menjadi tidak efisien dan sulit untuk usahanya menjaga konsistensi kualitas layanan yang diberikan untuk pelanggan.

  • Biaya tetap yang besar & omset relatif rendah

Dari data yang sebelumnya dan juga dari yang pengalaman kami, usaha laundry baru sulit untuk punya omset di atas Rp 20 juta per bulan. Dengan omset yang relatif rendah ini, biaya tetap usaha laundry membengkak relatif kepada omsetnya sehingga menjadi seperti ini : (1) Biaya operasional ~45%, (2) Biaya layanan ~30%, (3) Keuntungan ~25%

  • Persaingan tidak sehat

Dari data makro sebelumnya dapat kita lihat bahwa perbandingan antara jumlah pelanggan dan penyedia layanan laundry relatif rendah dan diperparah dengan minimnya perbedaan antara penyedia layanan laundry mengakibatkan terjadinya perang harga antar penyedia layanan. 

Solusi QnC Laundry

Selama 10 tahun ini, kami pun mengalami masalah-masalah di atas dan ada juga masalah lain yang kami sengaja tidak sebutkan pada artikel di atas. Kami sudah menemukan solusi untuk beberapa seperti dapat dilihat dari model bisnis dan penghargaan kami tapi tentunya belum semuanya dan kami juga yakin pasti akan menemui tantangan lainnya. 

Penasaran akan solusi yang sudah kami terapkan dalam bisnis laundry kami atau hanya ingin mengobrol dulu? Jangan sungkan hubungi kami di 087771829093 atau website kami www.qnclaundry.net, tanpa biaya dan komitmen apapun.


wpJakarta Write For All

wpJakarta Write For All

Artikel atau konten ini di tulis oleh salah satu pengunjung wpjakarta.com melalui wpJakarta Write For All. Wadah kami untuk menerima artikel, konten atau promosi dari komunitas atau pelaku usaha untuk di posting di website wpJakarta.Com.

Segala isi konten adalah tanggung jawab penulis yang bersangkutan. Setiap bentuk penawaran kerjasama dan promosi, agar di cross cek lebih lanjut kepada penulis yang bersangkutan. Lebih lanjut cek halaman kebijakan website kami.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *