Posted on

Google Tidak Bisa Mengindex Halaman Website (Indexing Request Rejected)

wpjakarta – Google Tidak Bisa Mengindex Halaman Website Indexing Request Rejected. Perkara “ngeblog” memang bukan sekedar tentang menulis artikel dan mempublishnya saja. Biasanya setelah menulis artikel, memolesnya dengan SEO lalu meminta google search console (GSC) untuk mengindexnya.

Tidak seperti biasanya, kali ini google menolak untuk mengindex dengan mengibarkan bendera merah putih, yang isinya : “Indexing Request Rejected” during live testing, indexing issues bla..bla..bla…. jika hal tersebut terjadi maka anda harus segera pasang protokol “siaga satu”. Bukannya mau lebay untuk melebih-lebih keadaan.

Memang, bisa saja hal tersebut terjadi karena masalah kecil misalnya setting robot yang memblock atau menghalangi bot mesin pencari saat proses index. Tapi bagaimana jika sesuatu hal yang serius terjadi pada website anda, misalnya terjangkit malware.

Baca Juga :

Kenapa google search console tiba-tiba tidak bisa mengindex halaman website. Beberapa hal berikut mungkin bisa jadi penyebabnya, dan bagaimana mengatasinya :

Masalah pada sisi google

Error atau masalah tersebut bisa saja terjadi karena masalah disisi google sendiri, bug atau hal lainnya mungkin terjadi di google sana. Masalahnya kita tidak bisa memastikan apakah benar terjadi masalah pada sisi google. Berfikir dari sisi lain bahwa masalah terjadi pada website kita sendiri sepertinya lebih bagus ketimbang hanya menerka-nerka dan tidak melakukan apa-apa.

Masalah di sisi website kita sendiri :

Setting robot meta tag noindex

Coba periksa setting >> reading atau pengaturan >> membaca dari dashboard wordpress. Apakah setting Search Engine Visibility atau  Penampakan pada Mesin Pencari tercentang, jika tercentang artinya robot meta tag di set noindex, nofollow.

Cek juga pada setting plugin SEO yang di gunakan apakah setting halaman, post dan sebagainya disetting menghalangi mesin pencari. Cross cek juga file robot.txt jika mungkin terdapat perintah “Disallow : / “. Jika ternyata terdapat setting atau skrip perintah yang menghalangi mesin pencari segera ubah dan coba untuk request lagi

Konflik Plugin

Sangat umum jika pada website wordpress terdapat plugin yang konflik. Coba non-aktifkan atau deactivate semua plugin. Nyalakan atau aktifkan lagi satu persatu sambil mencoba untuk merequest index hingga anda dapat menyimpulkan plugin mana yang menyebabkan masalah yang menghalangi mesin pencari tersebut.

Periksa sumber-sumber lainnya

Periksa hal-hal lainnya seperti setting struktur permalink, file htaccess, robot.txt file-file penting .php, Dan coba untuk fokus menemukan jika ada skrip aneh yang berjalan. Jangan ragu juga untuk membuka tiket pada support hosting anda dan meminta mereka untuk menscannya dari sisi hosting.

File htaccess yang korup/corrupt sangat mungkin menyebabkan hal demikian. Baca artikel kami tentang Memperbaiki file .htacsess yang corrupt. Memperbaiki File HTACCESS Yang Korup (Corrupt).

Jika anda menggunakan tema yang bukan premium atau nulled, sangat mungkin jika skrip tema anda tiba-tiba terjangkit malware. Jangankan tema gratis, yang premium saja sangat mungkin terinfeksi apalagi yang gratisan dan sama sekali tidak ada patch atau update dari awal tema tersebut direlease.

Gunakan tools online untuk menscan website anda

Gunakan sumber yang terpercaya, jangan tools online yang abal-abal yang tujuannya sebenarnya lebih kepada penawaran atau menjual service SEO, removal dan lainnya. Meskipun sah-sah saja mereka melakukan hal demikian dan memang banyak layanan scan yang terpercaya sambil mereka menjual produknya.

Anda bisa mencoba https://aw-snap.info/ gunakan parameter yang ada disana untuk menemukan jika mungkin ada hal-hal aneh terjadi pada website anda.