Posted on

Enam Cara Mengembangkan Bisnis Lokal Dengan Digital Marketing

wpJakarta – Enam Cara Mengembangkan Bisnis Lokal Dengan Digital Marketing. Jika Anda memiliki bisnis lokal, atau tipe bisnis yang berlokasi di wilayah tertentu dengan menawarkan produk-produk atau komoditas lokal. Maka sangat penting bagi anda untuk melakukan promosi atau pemasaran secara digital (Digital Marketing) atau mudahnya secara online. Yang target utamanya adalah tentu saja untuk menarik lebih banyak konsumen lokal dari wilayah dimana anda menjalankan usaha. (Selain bisnis lokal, artikel ini juga di tujukan untuk usaha UMKM dan Usaha Rumahan).

Mengembangkan Bisnis Lokal Dengan Digital Marketing

Banyak bisnis lokal yang menggunakan iklan online atau bentuk pemasaran secara online dengan menargetkan konsumen yang justru berada di luar coveran area usahanya. Atau melewatkan potensi yang bisa diambil dari pasar dimana usaha tersebut dijalankan.

Padahal saat ini, kemampuan iklan online untuk menargetkan konsumen yang ada di lingkaran dekat anda jauh lebih mudah dilakukan dari sebelumnya. Contohnya adalah penggunaan media sosial, Facebook, Instagram, LinkedIn dan lain-lain.

Kebanyakan dari mereka yang ada di lingkaran anda adalah orang-orang yang sudah anda kenal. Mereka juga tentu saja akan lebih mudah untuk menghubungi anda. Oleh karena itu, ada strategi khusus dalam hal digital marketing yang perlu dilakukan dalam mendukung strategi pemasaran bisnis lokal.

Menargetkan orang-orang di lingkaran dekat anda adalah yang harus anda prioritaskan dalam upaya mengembangkan bisnis lokal anda. Dan berikut ini adalah Enam Cara Mengembangkan Bisnis Lokal Dengan Digital Marketing. Dengan menargetkan konsumen dari lingkungan dimana usaha anda jalankan.

Baca Juga :

Mengembangkan Bisnis Lokal Dengan Digital Marketing (1.) Iklan Facebook

Menargetkan audiens di iklan Facebook berdasarkan lokasi memang sangat mudah. Saya punya pengalaman saat menjual barang di facebook. Pengalaman saya ini memang bukan menjual sesuatu yang menjadi produk bisnis saya. Hanya pengalaman insidental ketika saya ingin menjual mobil. Dan yang saya inginkan adalah mobil tersebut dibeli oleh orang dari Jakarta juga.

Selain juga membuka penawaran terhadap “teman” yang sudah eksis di lingkaran saya, saya juga bergabung dengan beberapa komunitas mobil. Alhasil tiga hari tiga malam Handphone saya tidak pernah berhenti menerima SMS dan WA atau telepon.

Baik dari “teman lama” atau teman baru dari komunitas yang mengajukan penawaran untuk mobil tersebut. Jika saya mau mobil tersebut bisa saja laku dan saya jual kurang dari satu jam dari pertama kali saya post-kan. Tapi berhubung masih mencari “harga yang pantas”, akhirnya mobil tersebut laku pada hari ke-tiga. Itupun masih saja ada yang SMS/WA menanyakan apakah mobil saya masih tersedia.

Lebih efektif jika anda membuat “facebook page” untuk mendukung usaha anda.

Mengembangkan Bisnis Lokal Dengan Digital Marketing (2.) Daftarkan Usaha Anda di Google My Business

Google my business adalah layanan dari google yang bisa anda manfaatkan untuk “melisting” usaha anda. Kita tau bahwa google memiliki layanan dan teknologi yang lengkap dan canggih dalam hal internet. melisting usaha anda memungkinkan anda untuk menghubungkan dengan layanan lainnya. Misalnya Google maps, Gmail dan Google search.

Mengembangkan Bisnis Lokal Dengan Digital Marketing (3.) Instagram

Instagram juga bisa anda pilih sebagai tempat yang ideal untuk anda terhubung dengan konsumen di lingkungan dekat Anda. Instagram menggunakan fitur seperti tag lokasi dan hashtag. Untuk hasil yang efektif pastikan anda menggunakan Instagram bisnis.

Lalu masukan informasi lengkap biodata usaha anda dan gunakan logo usaha sebagai profil picture. Gunakan hashtag yang tepat atau anda juga bisa memanfaatkan layanan iklan berbayar di Instagram.

Mengembangkan Bisnis Lokal Dengan Digital Marketing (4.) Website Usaha Anda (Dengan Memperhatikan Aspek SEO)

Hal paling enak berpromosi memang menggunakan website usaha sendiri. Keuntungannya bisa full kustom, istilahnya mau nulis apa juga bebas. Mau taruh gambar, katalog, list harga. Statik atau slider juga bebas. Tapi jangan sampai anda melupakan SEO atau Search Engine Optimization.

Sedangkan kekurangan dari berpromosi menggunakan website sendiri dibandingkan menggunakan media sosial adalah jika website anda “belum terlalu dikenal oleh google”. Konten promosi yang anda buat dan anda tayangkan di internet belum tentu bisa diakses langsung oleh para pengguna. Kecuali anda membagikannya lagi melalui fitur share di website anda.

Tapi dengan menerapkan SEO yang baik bisa saja membuat artikel anda nangkring bukan hanya di halaman pertama pencarian google. Tapi artikel anda berada pada peringkat nomor 1 dari halaman pertama google.

Mengembangkan Bisnis Lokal Dengan Digital Marketing (5.) Konten Promosi

Masih ada kaitannya dengan point nomor 4 di atas. Konten promosi juga dapat membantu promosi usaha UMKM dan produk lokal anda. Dengan membuat konten promosi, anda dapat menjelaskan dengan rinci mengenai produk atau usaha anda.

Konten promosi adalah spot promosi yang efektif untuk menarik pelanggan berdasarkan lokasi usaha anda. Misalnya: jika anda menjalankan usaha pariwisata/jasa sewa kendaraan dan berbasis di Jakarta selatan. Saat anda membuat konten anda juga perlu untuk menyesuaikan konten dengan beberapa kata kunci atau keyword (atau pada website lebih dikenal dengan TAG). TAG yang anda buat perlu memuat jenis usaha serta lokasi.

Misalnya : “Jasa Sewa Kendaraan Di Jakarta selatan”. “Sewa Kendaraan Murah di Jakarta Selatan”. Dan lain sejenisnya. Dengan memberikan kata kunci seputar sewa kendaraan, jakarta, dan Jakarta-selatan dapat membuat konten anda berada pada peringkat google yang lebih tinggi.

Munculkan topik blog atau konten yang secara khusus menjawab masalah dan pertanyaan pelanggan target anda. Tapi anda juga tidak bisa serta merta membuat TAG atau keyword jika TAG anda tidak relevan dengan topik konten.

Apalagi menghujani konten anda dengan keyword atau TAG yang terlalu banyak. Bukan tidak mungkin, sebaliknya anda akan mendapatkan penalti dan konten anda justru akan “mendem”. Google menyukai konten internet yang TAG dan isi kontennya “nyambung”. Dengan begitu keyword yang dimasukan oleh orang melalui google saat mencari sesuatu dan google akan menyajikannya sesuai dengan apa yang mereka cari.

Mengembangkan Bisnis Lokal Dengan Digital Marketing (6.) Email Marketing

Yang terakhir dari Enam Cara Mengembangkan Bisnis Lokal adalah pemasaran melalui email atau email marketing. Email marketing adalah cara yang efektif untuk membuat pelanggan anda untuk “kembali”. Misalnya saat anda memproduksi produk baru. Anda perlu memberikan informasi kepada pelanggan anda mengenai produk tersebut.

Yang paling penting adalah memastikan bahwa email promosi anda bukanlah email spam. Dan anda juga perlu untuk memperhatikan privasi konsumen anda. Kirim email hanya jika konsumen anda memang menginginkan informasi dari anda dengan menawarkan Opt-in kepada mereka.

Dan dengan segera mengeluarkan alamat email mereka dari daftar saat mereka tidak ingin lagi berlangganan (Opt-out). Jika anda memiliki website usaha sendiri, anda bisa menggunakan layanan yang memungkinkan anda untuk mendesain bentuk email anda. Membuat schedule dan otomatis mengirimkan email promosi anda.