Posted on

Mendeteksi Anomali Dan Aktivitas Aneh Pada Website

wpjakarta – Men deteksi Anomali Dan Aktivitas Aneh Pada Website. Perkara “ngeblog” (dengan WordPress.org) memang bukan sekedar tentang menulis artikel dan mempublishnya saja. Beberapa langkah preventif untuk membuat website aman sangat perlu untuk dilakukan. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Berbeda halnya jika blog atau website kita dihosting di WordPress.Com, semua sepertinya sudah “dipaket” hingga kita hanya perlu fokus untuk mendesain dan membuat artikel berkualitas. Dengan wordpress.org hal-hal harus dilakukan sendiri untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan (Malware, spyware dan lainnya).

Baca Juga :

Jika terkait perkara teknis mungkin masih mudah untuk diatasi, misalnya plugin yang konflik hingga akhirnya membuat website menjadi rusak atau tidak dapat diakses, untuk mengembalikannya mungkin masih belum terlalu repot. Yang repot jika website yang kita kelola terjangkit malware.

Kenali & deteksi anomali dan aktivitas aneh pada website dan blog yang anda kelola

Jika setiap hari kita berkutat dengan website yang kita manage, maka secara visual seharusnya kita bisa mendeteksi jika terjadi sesuatu yang aneh-aneh. Hal tersebut sangat penting untuk segera dilakukan pencegahan sebelum sesuatu yang benar-benar fatal dapat terjadi.

Sesaat setelah men deteksi anomali dan aktivitas aneh pada website anda. Maka jangan ulur-ulur waktu untuk menunda atau mengambil langkah-langkah pencegahan. Segeralah berfikir pada kemungkinan yang terburuk, bahwa misalnya website atau blog kita sudah terjangkit malware atau di hack orang lain, meskipun bisa saja sebenarnya bukan itu yang terjadi.

Beberapa hal visual yang bisa memberikan kita tanda-tanda atau mendeteksi anomali dan aktivitas aneh pada website adalah sebagai berikut :

  • Mendadak artikel baru atau halaman website kita tidak bisa di index oleh search console.
  • Halaman website tidak dapat dijangkau saat di test pada tools online (mobile friendly test). Meskipun bisa diakses dengan browser PC/laptop ataupun handphone.
  • Oleh search engine website ditandai dengan “THIS SITE MIGHT BE HACKED”
  • Status 403 forbiden, atau forbiden hanya pada beberapa halaman
  • SEO Spam dan lain sebagainya.

Solusinya tentu tergantung dari apa yang menjadi penyebabnya. Sehingga website anda “bertindak” agak aneh. Lihat artikel-artikel kami tentang anomali atau keamanan website pada kumpulan artikel kami berikut : Hansit – Pertahanan Website.