Posted on

Dua Cara Mudah Kustomisasi Website WordPress

wpJakarta – Dua Cara Mudah Kustomisasi Website WordPress. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin melakukan kustomisasi website WordPress. Yaitu (1) dengan memasang plugins atau (2) memberikan tambahan kode atau fungsi yang dapat dieksekusi dan membuat perubahan yang di inginkan.

wp jakarta tips-trik wordpresswp jakarta tips-trik wordpress

Berikut beberapa gambaran tentang kelebihan dan kekurangan dalam kustomisasi website WordPress menggunakan dua cara tersebut :

Cara pertama, yaitu dengan menginstall plugin

Kelebihannya, menginstall plugin tentu saja mudah untuk dilakukan. Tapi sebagian orang juga tidak ingin menginstall banyak plugin setiap kali ingin melakukan kustomisasi. Selain terlalu banyak plugin yang terpasang, fungsi plugin tersebut juga hanya bersifat “satu kali”.

  1. Karena aspek estetika website, kita ingin merubah tampilan halaman login. Maka akan di install plugin yang bisa mengkustom halaman login tersebut.
  2. Lalu juga ingin merubah alamat URL login dari /wp-login.php ke alamat URL yang lain, maka akan di install juga plugin untuk menghandle hal tersebut.
  3. Lalu dengan alasan keamanan, kita juga ingin mengganti username “admin” atau melakukan redirect setelah login. Dan lagi-lagi kita akan di pasang plugin untuk melakukan hal tersebut.

Akan ada tiga plugin yang terpasang

Kelemahannya, artinya ada tiga plugin yang kita install untuk menyelesaikan tiga kustomisasi diatas. Bagi sebagian orang ini tentu tidak sepadan karena harus juga menginstall tiga plugin untuk fungsi yang “kurang tapi penting”. Meskipun ketiga plugin tersebut hanya “memakan” resource yang kecil tetap saja ada resource yang seharusnya bisa “disave” jika tidak menginstall plugin tersebut.

Kelebihan lainnya adalah, plugin yang di install tersebut akan secara dinamis mengikuti perkembangan “core” wordpress. Artinya jika terdapat versi wordpress atau php yang baru dengan mengganti hook yang lama, maka plugin juga akan mengupdate “dirinya” sehingga membuat plugin tersebut dapat tetap “bekerja” dengan environment atau lingkungan wordpress yang baru.

Cara kedua, dengan menuliskan kode atau fungsi

Dengan kmenambahkan ode atau fungsi tertentu kustomisasi website wordpress juga dapat dilakukan. Misalnya merubah ketiga hal diatas, yaitu merubah tampilan halaman login, /wp-login.php, merubah username dan melakukan redirect setelah login.

Tanpa harus menginstall tiga plugin secara bersamaan, hanya perlu menuliskan beberapa baris kode kedalam file function.php dan melakukan ketiga tugas kustom diatas secara sekaligus. Tapi bagi orang yang “non-techie” seperti wpJakarta tentu hal ini juga akan merepotkan.

Kelebihannya tentu tidak perlu “memberikan” resource kepada plugin “yang kurang tapi penting”. Meskipun untuk satu tugas kustom akan ada beberapa baris kode yang ditambahkan. Jika banyak tugas kustom maka ada banyak baris kode juga yang ditambahkan, apalagi jika kode tersebut harus ditambahkan pada beberapa file yang berbeda.

Untuk menyederhanakan atau “membendaharakan” setiap kode atau skrip yang ditambahkan, anda bisa menuliskannya pada file “Site Specific Plugins”. Selengkapnya tentang Site Specific Plugins.

Bukannya sukses melakukan kustom justru akan merusak website yang sudah ada. Kendala lainnya adalah jika terdapat update pada tema website, maka kode-kode tersebut juga akan ikut terhapus. Atau jika terdapat hook “deprecated” pada versi wordpress terbaru. Kode atau skrip yang di tulis juga tidak akan bekerja.

Kesimpulan

Intinya, WordPress memberikan ruang bagi kita untuk melakukan kustomisasi. Tinggal anda pilih cara mana dari dua cara mudah kustomisasi website WordPress diatas. Jika pilih cara pertama ada baiknya anda lebih sering mengunjungi “featured artikel” kami “Plugins WordPress”, Karena kami memilki artikel-artikel tentang plugin WordPress.

Jika mau pilih cara kedua mungkin tepat jika anda sering-sering “ngelongok” featured artikel kami yang satu ini “Tips Trik Tutorial WordPress”.


100% website WordPress transparan dan “ecofriendly”, tidak ada data pengunjung yang kami kumpulkan dan tidak ada tracking data apapun terhadap data-data pengunjung”.​ Selengkapnya kunjungi halaman tentang kami.

wpJakarta

Blog “native” yang fokus pada usaha online berbasis WordPress & WooCommerce. Lihat penawaran terbaik untuk merchandise WordPress (Kaos, Hoodie, Topi, Tas dll).

Selengkapnya, klik : https://wpjakarta.com/shop/

Fresh (+62)

e-Commerce produk fresh online. Order secara online sayur, daging, buah dan bumbu rempah atau kirim list pesanan untuk pemenuhan usaha makanan dan restoran.

Selengkapnya, klik : https://freshplus62.com/about/