Posted on

Cara Merubah Prefix Nama Database WordPress

wpJakarta – Cara Merubah Prefix Nama Database WordPress. Salah satu cara untuk melindungi website WordPress adalah dengan merubah nama depan database WordPress. Sebenarnya saat instalasi dilakukan, prefix atau nama (huruf) didepan nama tabel bisa langsung ditentukan.

Tapi banyak instalasi WordPress dilakukan saat kita membeli hosting dengan metode “satu klik” saja, misalnya dengan softaculous. Dan secara default nama prefix database yang terbentuk adalah prefix “wp_”. Misalnya :

  • wp_commentmeta
  • wp_comments
  • wp_options
  • wp_postmeta
  • wp_posts dan lain-lain.

Prefix “wp_” sangat rentan terhadap “serangan”/praktik hacking

Prefix “wp_” tentu sangat “umum” dan sangat rentan untuk dijadikan target serangan atau praktik-praktik hacking. Disarankan untuk diganti dengan prefix lain yang bisa anda tentukan sendiri.

Bersyukur, karena meskipun website sudah live, merubah nama prefix tabel database WordPress tetap dapat dilakukan dan sangat mudah. Hanya dalam waktu yang relatif singkat, asalkan dengan menyiapkan sedikit “persiapan”. Kenapa perlu persiapan ? tentu saja untuk menghindari kesalahan, mengingat database adalah “perut”nya website anda.

Jika sampai terdapat kesalahan, maka WordPress anda tidak akan dapat diakses atau mungkin menyebabkan “kerusakan permanen”. Jika anda berniat untuk merubah prefix tabel database WordPress anda, silahkan ikuti tahapan-tahapan berikut :

Baca Juga :

Cara Merubah Prefix Nama Database WordPress

  • Back-up data. Pastikan untuk melakukan back-up data, terutama tentu saja backup database.
  • Tentukan Prefix. Tentukan prefix baru yang ingin digunakan, misalnya “wp_a1b2c3_”. (Pastikan hanya huruf kecil, angka dan underscore (_) saja.
  • Ketikan Prefix Pada Notepad. Ketikan prefix baru tersebut “wp_a1b2c3_” pada sebuah file notepad, agar setiap penulisan prefix baru anda hanya tinggal copy paste saja untuk menghindari kesalahan ketik.
  • Ganti Prefix Lebih Dulu Pada File wp-config. Buka file wp-config.php dan temukan baris kode : $table_prefix = 'wp_'; lalu ganti dengan $table_prefix = 'wp_a1b2c3_';.
  • Akses phpMyAdmin. Akses phpMyAdmin dan anda akan menemukan barisan nama database yang semuanya masih menggunakan prefix “wp_”.
  • Query Dengan “SQL”.Dari jendela phpMyAdmin, pilih “SQL”.
  • Rename Seluruh Tabel. Lalu rename seluruh tabel yang ada, baik tabel WordPress maupun tabel plugin.
  • Rename Secara “Bulk”. Akan lebih cepat jika direname secara “bulk” dengan perintah sebagai berikut : (Eksekusi perintah dengan mengklik GO).
 RENAME TABLE `wp_commentmeta` TO `wp_a1b2c3_commentmeta`;
 RENAME TABLE `wp_comments` TO `wp_a1b2c3_comments`;
 RENAME TABLE `wp_options` TO `wp_a1b2c3_options`;
 RENAME TABLE `wp_postmeta` TO `wp_a1b2c3_postmeta`;
 RENAME TABLE `wp_posts` TO `wp_a1b2c3_posts`;
 RENAME TABLE `wp_signups` TO `wp_a1b2c3_signups`;
 RENAME TABLE `wp_termmeta` TO `wp_a1b2c3_termmeta`;
 RENAME TABLE `wp_terms` TO `wp_a1b2c3_terms`;
 RENAME TABLE `wp_term_relationships` TO `wp_a1b2c3_term_relationships`;
 RENAME TABLE `wp_term_taxonomy` TO `wp_a1b2c3_term_taxonomy`;
 RENAME TABLE `wp_tm_taskmeta` TO `wp_a1b2c3_tm_taskmeta`;
 RENAME TABLE `wp_tm_tasks` TO `wp_a1b2c3_tm_tasks`;
 RENAME TABLE `wp_usermeta` TO `wp_a1b2c3_usermeta`;
 RENAME TABLE `wp_users` TO `wp_a1b2c3_users`;
 RENAME TABLE `wp_yoast_seo_links` TO `wp_a1b2c3_yoast_seo_links`;
 RENAME TABLE `wp_yoast_seo_meta` TO `wp_a1b2c3_yoast_seo_meta`;

“Melakukan rename dengan serangkaian syntax query tersebut akan jauh lebih cepat. Jadi lebih baik siapkan dulu perintahnya pada sebuah file notepad”.

  • Selanjutnya anda perlu merubah option_name pada tabel “wp_a1b2c3_options” (karena sudah menggunakan nama yang baru). Dari jendela query SQL masukan dan jalankan perintah berikut :
    • SELECT * FROM `wp_a1b2c3_options` WHERE `option_name` LIKE '%wp_%' dan ubah setiap option_name dengan awalan “wp_” menjadi “wp_a1b2c3_” atau sesuai prefix anda.
  • Selanjutnya anda juga perlu merubah meta_key pada tabel “wp_a1b2c3_usermeta” (sudah menggunakan nama yang baru. Dari jendela query SQL masukan dan jalankan perintah berikut :
    • SELECT * FROM `wp_a1b2c3_usermeta` WHERE `meta_key` LIKE '%wp_%' dan ubah setiap meta_key yang berawalan “wp_” menjadi “wp_a1b2c3_” atau sesuai prefix anda.

Test website WordPress dengan prefix nama database yang baru

Coba lakukan observasi dengan login (logout atau login kembali). Atau dengan menerbitkan sebuah artikel post baru. Jika semua tahapan tersebut dijalankan dengan benar maka anda akan dapat login dan menjalankan WordPress secara normal seperti sebelum proses pergantian nama.

Tips Cara Merubah Prefix Nama Database WordPress dengan cepat dan tanpa kesalahan

  • Dengan beberapa persiapan kecil, proses mengganti tabel prefix database hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit.
  • Pastikan lakukan backup.
  • Lakukan observasi terlebih dulu tentang nama-nama database dan syntax query SQL jika anda belum familiar dengan lingkungan database atau phpMyAdmin.
  • buat perintah SQL ke dalam notepad dan pastikan benar. Sehingga bisa langsung di copy paste. Hal tersebut akan lebih cepat dan menghindari salah ketik jika harus memasukan perintah dengan mengetik pada jendela SQL.