Posted on

Cara Menggunakan Layanan CDN Cloudflare

wpJakarta – Cara Menggunakan Layanan CDN Cloudflare. Salah satu cara yang “dipercaya” membuat website tambah ngebut adalah dengan menggunakan CDN. Dan Banyak layanan CDN yang mengklaim bahwa layanannya adalah yang paling baik. Tapi disini kami memberikan tips trik dan cara menggunakan CDN Cloudflare. Tentunya kami memiliki beberapa alasan yang mendasari mengapa kami menggunakan layanan cloudflare.

Baca Juga :

Proses atau bagaimana cara menggunakan layanan CDN Cloudflare

  • Registrasi di sisi cloudflare. Akses Website Cloudflare : https://www.cloudflare.com/. Dan lakukan registrasi atau signup sebagaimana mestinya.
  • Pilihan plan gratis atau berbayar. Pilihan untuk menggunakan layanan gratis / free plan atau berbayar. Pilihan berbayar sudah pasti memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan yang gratis. Tapi jika anda baru dalam hal CDN tentu lebih baik pilih yang gratis untuk dapat mengeksplor dan mempelajari terlebih dulu bagaimana layanan CDN bekerja.
  • + Add site. Berikutnya adalah menambahkan website/domain. Anda hanya perlu memasukan nama domain + ekstensi domain (misalnya : example.com).
  • Review DNS record. Cloudflare akan menampilkan pilihan untuk record DNS yang dapat “di proxy” atau “di bypass” oleh cloudflare. Klik gambar awan hingga berwarna orange untuk di proxy cloudflare. Atau klik lagi awan menjadi berwarna abu-abu berarti di bypass oleh cloudflare (dalam hal ini kami mengikuti arahan dari layanan hosting).
  • Cloudflare Nameserver. Selanjutnya cloudflare akan memberikan dua “name server” untuk digunakan pada konfigurasi name server dilayanan hosting.
  • Konfigurasi Nameserver disisi hosting. Ganti nameserver pada sisi hosting dengan nameserver yang “diberikan” cloudflare.
  • “Check now”. Kembali pada pengaturan di website cloudflare, setelah merubah name server di hosting. Ada proses yang membutuhkan waktu beberapa saat hingga penggunaan layanan CDN cloudflare menjadi aktif. Pada sisi hosting sendiri, pointing name server mungkin membutuhkan waktu hingga 72 jam (empat hari) kedepan.

Optional “Install Plugin Cloudflare”

Selanjutnya setelah layanan CDN aktif, beberapa setting untuk meingkatkan performa dan meningkatkan keamanan bisa dilakukan dari dashboard akun cloudflare. Atau optional juga bisa memasang plugin, https://wordpress.org/plugins/cloudflare/.
Note : Plugin cloudflare tidak akan menambah atau meningkatkan performa. Plugin berfungsi menggantikan konfigurasi yang harus dilakukan pada website atau dashboard cloudflare, maka dengan plugin tersebut pengaturan dapat dilakukan hanya dengan “satu kali klik” langsung dari dashboard wordpress.

Setting plugin yang lain

Plugin yang ada pada website wordpress mungkin memiliki pengaturan atau perubahan pengaturan setelah website menggunakan layanan CDN. Misalnya untuk plugin caching atau plugin keamanan yang sebelumnya sudah dipasang.

Misalnya setting “litespeed cache plugin”. Pada pengaturan CDN atau “CDN setting”, lihat baris pengaturan “Cloudflare API”, klik “ON”. Lalu isikan email address, nama domain (example.com), dan global API key cloudflare.