Posted on

Cara Menambahkan Kode HTML CSS JS Dan PHP Pada Website WordPress

wpJakarta – Cara Menambahkan Kode HTML CSS JS Dan PHP Pada Website WordPress. Membuat website dengan WordPress memang mudah dan simple. Setelah memiliki nama domain dan hosting, menginstal tema website WordPress juga dapat dilakukan “sekalian” mengimport kontennya dengan mudah. Hanya dengan “satu klik” dan hasilnya sesuai seperti yang di demokan oleh pengembang tema. Atau biasa disebut “one click demo import”, ketimbang harus mendesainnya dari “scratch”.

Jika ingin tetap menggunakan desain atau layout dari pengembang maka kita tinggal memulai untuk membuat konten. Tapi banyak juga orang yang kurang puas dengan elemen dan layout “default” tema tersebut, rasanya seperti kurang sreg di hati. Misalnya tombol atau button yang “rata” sementara kita kepingin tombol yang lebih “timbul”.

Mengkustomisasi WordPress dengan plugin

Mudah memulainya bebas memodifikasinya. Tentu WordPress dapat di modifikasi secara bebas sesuai seperti yang kita inginkan. Secara garis besar ada dua cara mudah untuk mengkustomisasi website WordPress. Yaitu, dengan : (1). Memasang plugin dan (2). Atau memberikan script kode baik HTML, CSS, JS atau PHP.

Paling mudah mengkustom website WordPress adalah dengan memasang plugin. Misalnya karena button atau tombol bawaan tema yang “kaku dan rata”. Anda bisa memasang plugin yang bisa memberikan banyak variasi bentuk dan warna tombol.

Memasang plugin atau menambahkan sesuai masing-masing kode dan bahasa pemrograman

Cara lainnya adalah menambahkan kode untuk membuat element lalu memolesnya dengan “stylesheet”. Yaitu dengan memberikan kode HTML, CSS dan JS serta PHP. Masing-masing skrip kode tersebut adalah bahasa pemrograman yang berbeda, kode-kode tersebut harus ditempatkan pada tempatnya masing-masing dan “selector” yang tepat supaya kustomisasi bisa menghasilkan sesuai yang diinginkan. Lalu dimana saja untuk menempatkan kode-kode tersebut :

Cara Menambahkan Kode HTML Pada Website WordPress

Untuk menempatkan kode HTML, bisa menempatkan langsung pada halaman atau post dimana tempat yang ingin ditambahkan element HTML. Gutenberg blok editor juga menyediakan blok khusus HTML. Misalnya untuk membuat tombol seperti berikut versus tombol default. Lebih lanjut tentang Bagaimana menambahkan Kode HTML Pada Website WordPress.

Cara Menambahkan Kode CSS Pada Website WordPress

Untuk kode CSS, selain menggunakan plugin. Secara default WordPress memberikan kotak snippet untuk menambahkan kode CSS yang terdapat pada halaman customizer. Kotak tersebut biasanya ada pada urutan paling bawah dan bisa dilihat secara “live” preview perubahannya. lebih lanjut bagaimana Cara menambahkan kode CSS ke dalam WordPress.

Cara Menambahkan Kode Javascript Pada Website WordPress

Secara default “customizer” atau /wp-admin WordPress tidak memiliki “kotak” khusus untuk menuliskan kode javascript. Tapi tentu saja ada plugin yang bisa mengatasi hal tersebut. Salah satunya “Insert Headers and Footers”. Selain itu kode “javascript” juga bisa diselipkan kedalam fungsi PHP melalui “site spesifik plugin” yang pernah kami bahas. https://wpjakarta.com/blog/tips-trik-membuat-site-specific-plugin-wordpress/. Lebih lanjut bagaimana Cara menambahkan kode javascript ke dalam WordPress.

Cara Menambahkan Kode PHP Pada Website WordPress

Seluruh file WordPress “didominasi” oleh skrip PHP. Untuk menambahkan kode php, bisa mengubah langsung pada file php tersebut atau membuat fungsi di file function.php “child theme”. Atau melalui site specific plugin yang sudah dibuat.