Posted on

Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Motor)

cara membayar pajak kendaraan bermotor

wpJakarta – Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Motor). Apakah anda sedang berencana untuk membayar pajak kendaraan bermotor anda karena hampir jatuh tempo ? Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu bagi anda yang berniat mau membayar pajak kendaraan bermotor anda dikantor samsat. Memang saat ini cara membayar pajak kendaraan bermotor bisa di lakukan secara elektronik atau online. Anda bisa mendownload aplikasi android yaitu “Samsat Online Nasional”. Atau dengan mengirimkan SMS ke nomor layanan samsat dan anda bisa membayarnya di ATM-ATM bank baik pemerintah maupun swasta.

Saya sendiri mengalami sedikit masalah saat akan membayar pajak secara online. Hingga akhirnya memutuskan menggunakan cara untuk membayar pajak kendaraan bermotor dikantor samsat induk jakarta selatan yang berada di komplek polda metro jaya. Baiklah jika memang kebetulan anda berencana mencari cara membayar pajak kendaraan bermotor langsung di kantor samsat, dan pajak yang anda bayarkan adalah pajak satu tahunan. Serta motor yang anda bayarkan atas nama anda sendiri. Maka anda bisa meneruskan untuk membaca artikel ini.

Dokumen yang diperlukan

Cara nya, siapkan dokumen yang diperlukan untuk membayar pajak kendaraan bermotor anda, yaitu :

  • 1. KTP asli dan fotocopy.
  • 2. STNK asli dan fotocopy.
  • 3. TBPKP Asli dan Fotocopy.
  • 4. BPKB asli dan fotocopy.

Sesampainya di gedung samsat segera anda menuju lantai empat gedung tersebut. Karena di lantai empat lah pelayanan pajak motor di lakukan. Anda akan melihat barisan komputer desktop yang fungsinya untuk menginput formulir pembayaran pajak anda. Jangan bingung segera anda menuju ke barisan komputer desktop tersebut untuk mencetak formulir pembayaran pajak anda. Di komputer tersebut cukup isikan nomor polisi kendaraan bermotor anda misalnya B 1234 ABC, lalu masukan nomor handphone aktif anda, opsional anda bisa mengisikan alamat email anda, dan print.

Penyerahan berkas atau dokumen

Yup… formulir akan di print dengan data pribadi dan spesifikasi kendaraan anda. Gabungkan dokumen anda dan berikan ke petugas yang menerima penyerahan pendaftaran perpanjangan pajak motor. Loketnya ada di sebelah paling kiri. Dan gabungan dokumen anda adalah formulir yang baru di print + KTP asli dan fotocopy + STNK asli dan fotocopy + TBPKP Asli dan Fotocopy serta BPKB asli dan fotocopy.

Petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen anda. Jika Oke maka petugas akan menerima dokumen anda dan anda dipersilahkan untuk bergeser ke loket yang terletak tepat di samping sebelah kanan loket pendaftaran. Silahkan anda tunggu di loket tersebut dan tunggu nama anda dipanggil. Sesaat kemudian petugas akan memanggil nama anda dan anda akan diberikan dokumen yang berisi jumlah pembayaran untuk dibayarkan di loket kasir pembayaran. Silahkan anda bergeser lagi ke loket pembayaran yang ada tepat di sebelah kanan.

Cara pembayaran

Anda bisa membayar secara tunai atau dengan menggunakan ATM. Menurut kasir yang bertugas saat itu semua ATM bank nasional bisa diterima disana. Setelah membayar biaya pajak motor anda maka anda akan diberikan bukti pelunasan pembayaran pajak yang terdiri dari 3 ply kertas (putih, biru dan hijau). Siapkan bukti pembayaran yang berwarna biru dan tunggu sampai nama anda dipanggil kembali untuk mengambil kembali STNK asli yang sudah disahkan dan TBPKP baru anda terbit. Saat nama anda dipanggil segeralah menuju loket pengambilan/pengesahan STNK dengan memberikan bukti bayar yang berwarna biru ke petugas.

Selesai, kini anda bisa tenang karena pajak motor anda sudah dibayar. Meskipun anda menggunakan cara membayar pajak kendaraan bermotor dikantor samsat secara langsung tapi prosesnya sangat mudah dan cepat bukan ? Total waktu yang diperlukan hanya sekitar 1 jam. Tanpa perlu menuliskan data pribadi dan data kendaraan secara manual. Karena formulir diawal tadi saat anda menginput nomor polisi kendaraan anda, sudah terisi data pribadi dan data spesifikasi kendaraan anda secara otomatis. Data pribadi dan data kendaraan anda sudah tersimpan di database.

Oh iya saya melakukan pembayaran untuk motor honda scoopy tahun 2018 atas nama saya sendiri (Data pada KTP, STNK dan BPKB atas nama sendiri). Pada hari selasa jam 10 pagi dengan biaya pembayaran sebesar 299rb rupiah.

Keterangan dokumen yang diperlukan

KTP : Kartu Tanda Penduduk.
STNK : Surat Tanda Nomor Kendaraan.
TBPKP : Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (itu loh yang biasanya anda simpan di balik STNK anda).
BPKB : Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor.
SAMSAT : Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap.