Posted on

Apa Itu WordPress ?

 

Apa Itu WordPress ?

Apa Itu WordPress
WordPress [GPL (http://www.gnu.org/licenses/gpl.html)]

wpJakarta – Apa Itu WordPress. Gampangnya WordPress (WP) adalah tools atau aplikasi berbasis web untuk membuat dan mengelola website. Secara lebih teknis WordPress yang dibuat dengan basis pemrograman PHP adalah open source CMS atau Content Management System dibawah lisensi GPL.

Artinya siapapun boleh menjalankan, mempelajari, memodifikasi dan membagikan. Pada faktanya WordPress adalah CMS website terbesar saat ini dengan lebih dari 35% website para penghuni dunia maya. Artinya jika dilayar komputer anda terdapat 100 URL alamat website maka 40 diantaranya adalah website yang di buat dengan WordPress. Dan 60 website lainnya di buat dengan tools pemrograman lainnya.

Baca Juga :

Lebih lengkap tentang WordPress di Wikipedia.

Bisa apa WordPress ?

WordPress sangat mudah untuk digunakan. Karena kemudahan dan kebebasannya WordPress bisa menguasai “habitat” website di seluruh dunia. Mudah dan bebas bukan berarti lemah, karena kebebasannya WordPress dikelilingi para ahli yang menjadikan WordPress begitu aman dan powerfull.

Terkenal dengan “drag & drop”, pasang tema jadi, pasang plugin jadi bukan berarti terbatas. Kustomisasi bisa dilakukan dan saat ini belum ada batasnya. Bahkan bisa menghasilkan rejeki. Rejeki sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa, dan ternyata salah satunya dari WordPress.

Siapa yang bisa dan boleh menggunakan WordPress

WordPress secara khusus dan internet secara umum bisa mengakomodasi segala hal mulai dari blog, website bisnis, toko online, komunitas, musisi, fotografer, sampai kampanye politik dan lainnya. Artinya gunakan WordPress untuk hal yang baik. Kalau anda seorang presiden atau calon presiden, pejabat atau calon pejabat jangan gunakan WordPres dan atau tool lainnya untuk menyerang lawan politik.

Jangan pelihara “buzzer” dan senjatai buzzer dengan WordPress atau internet untuk tujuan politik anda sendiri. Jangan sebar hoax dan hate speech. Indonesia sudah darurat hoax dan hate speech. Yang sudah jadi buzzer segera insyaf. Rakyat jangan gunain website, internet buat menghina pejabat.

Gunakan internet untuk hal yang positif. Bikin artikel, tutorial lebih bagus buat masa depan anak dan cucu kita. Sebarin informasi apapun yang penting positif buat referensi. Cari rejeki buka toko online atau bikin software. Jangan make wordpress buat nyebarin hoax buat dapetin “nasi bungkus”. Yah amplop, hina durjana banget si rasanya.

Bagaimana memulai dan mengkustomisasi WordPress

Pilih hosting wordpress.com untuk memulai atau wordpress.org untuk digunakan dengan hosting sendiri. Langsung bisa kustomisasi. Pengguna wordpress belum menemui dan tidak akan menemui batas untuk mengkustomisasi WordPress.

Karena “kebebasannya” apapun bisa dilakukan. (Asal itu tadi jangan sebar hoax dan hatespech, malu-maluin). Ribuan tema dan plugin bertebaran untuk mengkustom WordPress atau dengan tweaking kode dan skrip pemrograman untuk menambah kemampuan website WordPress.